Dasar Bermain Alat Musik Harmonis

Bookmark and Share
Hai Sobat Giving.

Posting kali ini adalah pengalaman pribadi saya selama bermain musik. Meskipun saya bukan sarjana musik, dan susah menghafal istilah-istilah diseni musik, saya ingin memaparkan berbagai hal yang menurut saya baik untuk sobat semua dan mudah untuk dicoba.


Bagi kebanyakan orang, musik hanyalah dianggap sebagai hobi, kesenangan, dan hal-hal yang sama sekali bukan jati diri musik itu sendiri. Bagi sebagian orang yang dalam tingkat skill yang berbeda-beda, musik merupakan istilah yang tidak akan pernah menemui kesamaan arti dari setiap penikmat atau pelakunya. Tapi hanya satu yang bisa dikatakan sama, bahwa sebenarnya musik itu adalah SOUL. Jadi bagi yang ingin belajar dan mendapatkan hasil yang maksimal, berikan sedikit ruang dari jiwamu untuk jiwa baru yang akan masuk yaitu "musik" itu sendiri.

Hal diatas menggambarkan bahwa musik tidak hanya dengan cara menghafal, tapi lebih kepada feel pelaku dalam mengindahkan musik yang dibuatnya, dengan cara merasakan kenikmatan musik itu sendiri.

Mengenal Keluarga Kord (kunci) dalam Bermusik.
  1. Nada dasar adalah nada yang digunakan sebagai dasar dari nada-nada selanjutnya juga sebagai patokan nada. Contohnya kunci A, B, C dsb.
  2. Keluarga kord mayor yang dibentuk dari nada dasar memiliki pola 1-4-5 dengan notasi do-fa-sol dan jika dicontohkan: C-F-G jika nada dasar yang digunakan adalah nada C. Ingat! Kord mayor dibentuk melalui pola nada 1-3-5 atau do-mi-sol.
  3. Keluarga kord minor yang dibentuk dari nada dasar memiliki pola 2-3-6 atau re-mi-la.dan jika dicontohkan: Dm-Em-Am jika nada dasar yang digunakan adalah nada C. Ingat! Kord minor dibentuk melalui pola nada 1-2#-5 atau do-dis-sol.
Untuk lebih jelasnya dalam keluarga kord, perhatikam contoh ini:

VIDEO (menyusul)

Latihan Sederhana:
Nyanyikan lagu sederhana dengan memainkan keluarga kord yang sudah anda kuasai, misalnya nada dasar C dengan keluarga kord C-F-G (mayor) dan Am-Dm-Em (minor untuk menyanyikan lagu dengan feeling anda, dan jangan membiasakan diri untuk membaca partitur atau nada-nada yang sudah dikemasa dalam satu buku.

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar